Tantang Industri Otomotif Nasional Ekspor Sejuta Mobil

METRO KARAWANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas ekspor perdana 120 unit Isuzu Traga yang menggunakan 53,5 persen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) ke Filipina, di pabrik PT Isuzu Astra Motor Indonesia, di Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar), Kamis (12/12).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyambut baik ekspor perdana Isuzu Traga itu meskipun baru ditujukan ke satu negara.

Ia berharap dalam tiga tahun Isuzu Traga akan bisa akan masuk ke-20 negara, baik Afrika, Asia Timur, maupun ke negara-negara Timur Tengah.

“Ini yang diharapkan oleh pemerintah oleh negara ini. Ekspor kita semakin meningkat, semakin terus naik, yang pada ujungnya kita berharap current account, defisit kita semakin mengecil dan semakin nantinya neraca perdagangan kita juga bisa surplus,” kata dia.

Untuk itu, sambung Jokowo, jika saat ini baru bisa mengekspor 300.000 unit mobil dalam satu, dirinya menantang industri otomotif nasional agar bisa mengeluarkan minimal 1 juta unit dari Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

“Caranya gimana nggak mau tahu, yang jelas sekarang Pak Prijono (Prijono Sugiarto, Presdir PT Isuzu Astra Moto, redr) sudah salaman dengan Menko Perkonomian dan Menteri Perindustrian, berarti sangat serius. Kalau sekarang 8 miliar dollar AS berarti 3 kali lipat 24 miliar dollar AS harus keluar dari ekspor otomotif kita,” tegas Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *