Pertamina Apriasi Polres Sukabumi Ungkap Praktik Oplos LPG

METRO SUKABUMI – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III, mengapresiasi langkah Polres Sukabumi Kota, yang berhasil menangkap oknum pengoplosan gas elpiji 3 kilogram (kg) bersubsidi di Kecamatan Lembursitu, Sukabumi.

Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami mengatakan, pengoplosan merupakan tindak pidana karena sangat merugikan masyarakat dan negara. Karena menurut dia, LPG 3 Kg merupakan produk yang memperoleh subsidi dari pemerintah dan diperuntukan untuk masyarakat prasejahtera dan usaha kecil, sesuai Permen ESDM No. 26 tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG.

“Adanya praktik pengoplosan semacam ini menimbulkan kerugian bagi masyarakat sehingga haknya dirampas oleh oknum tidak bertanggung jawab, serta mengakibatkan subsidi negara tidak tepat sasaran. Pertamina mengapresiasi langkah kepolisian terutama Polres Sukabumi Kota, yang berhasil menindak oknum pengoplosan LPG bersubsidi,” jelasnya.

Dewi menjelaskan, tindakan pengoplosan berbahaya bagi pelaku dan pengguna LPG oplosan, karena proses pengisian dilakukan tidak sesuai standard pengisian LPG Pertamina.

Pertamina mengimbau masyarakat untuk tidak mudah tergiur dengan harga LPG Non Subsidi yang lebih murah daripada harga yang ditetapkan. Di mana Harga Eceran Tertinggi (HET) isi LPG 12 Kg di Sukabumi untuk warna biru yakni Rp 138.900 per tabung dan isi LPG Bright Gas 12 Kg sebesar Rp 140.900 per tabung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *