Judulnya Sih Proyek Strategis Nasional, Kanal CBL Molor Dua Tahun

METRO CIKARANG – Konstruksi proyek Inland Waterways Cikarang-Bekasi-Laut (CBL) atau jalur kanal sungai angkutan logistik dipastikan molor dari target yaitu tahun 2020 beroperasi.

Kabar itu diungkapkan Direktur Prasarana Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan, Nur Salam, sebagai penanggung jawab proyek kerja sama (PJTK), kemarin (21/12).

Menurut dia, keterlambatan ini terjadi karena  masih harus menyelesaikan beberapa kajian terlebih dahulu.

“Mulai dibangun kayaknya paling cepat 2021, karena kami menyelesaikan studinya dulu, beroperasi mungkin di 2022,” kata Nur.

Proyek Inland Waterways CBL merupakan alternatif transportasi logistik melalui kanal sungai yang menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang ditargetkan mulai konstruksi pada 2019.

Sampai saat ini, sambung dia, BPTJ tengah mengusukan revisi Rencana Induk PelabuhanTanjung Priok. “Itu belum masuk CBL, nanti kita masukan,” terangnya.

Selain itu, Nur menegaskan bahwa BPTJ tengah mengurus perizinan terkait analisis mendalam dampak lingkungan (AMDAL) dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dia mengharapkan kedua proses itu dapat selesai pada Desember 2019. Dengan begitu, proyek bisa berlanjut pada 2020 ke tahap studi kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *