Jamin Lebih Cepat 4 Hari, Ini Jadwal Gercap Disdukcapil Bekasi di SGC

METRO CIKARANG – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Hudaya secara lugas menegaskan bahwa one day service bukan untuk mencegah gangguan teknis, terutama dalam sistem yang terkoneksi internet. 

One day service menyangkut ketergantungan kami terhadap aplikasi. Misal aplikasi atau sistemnya terjadi gangguan seperti off. Lalu, masyarakat tahunya sehari langsung jadi, mereka bisa komplain. Belum lagi jumlah pemohonnya relatif tinggi,” ucap dia saat peresmian program gerai cepat di Sentra Grosif Cikarang (SGC), Rabu (30/10).

Meski begitu, Hudaya menegaskan, pengurusan administrasi di Gercep lebih cepat dibanding di Kantor Disdukcapil.

Karena menurut dia, dokumen kependudukan yang biasanya memerlukan waktu hingga tujuh hari, kini hanya cukup tiga hari. Percepatan pengurusan ini dilakukan setelah Disdukcapil memberlakukan tanda tangan elektronik pada seluruh dokumen kependudukan.

“Biasanya akta kelahiran selesai tujuh hari, di sini tiga hari. Karena misalnya aplikasinya off di hari pertama, masih ada jeda di hari kedua. Tapi jika di hari kedua masih off, maka saya akan turun tangan menandatangi langsung, secara manual. Ini sudah diantisipasi,” ucap dia.

Sebelum resmi dioperasikan, tambah Hudaya, pihaknya telah melakukan uji coba Gercep selama 15 hari ke belakang untuk mengukur kekuatan sumber daya manusia, jumlah pelayanan serta sistem yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *