Zainut Tauhid, Wamenag Asal PPP Ini Empat Periode Jadi Wakil Rakyat Senayan

Editor:

Zainut juga menuturkan, sebagai orang baru di Kemanag, agenda pertamanya adalah mengenal terlebih dahulu semua hal yang menjadi tanggung jawab Kemanag. Karena menurut dia, dirinya dan menag belum berdiskusi panjang untuk tugas dan tanggung jawabnya sebagai wamenag.

Meskipun belum pernah mengemban jabatan eksekutif, Zainut optimistis dapat menyesuaikan diri dalam menjalankan amanah yang ditugaskan Presiden Jokowi.

Seperti diketahui, selain menjadi Waketum MUI Pusat Periode 2015-2020, Zainut adalah politisi senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia telah berkarier selama 17 tahun di parlemen.

Sebagai informasi, Zainut menjadi anggota DPR RI periode 1997-1999, 2004-2009, 2009-2014 dan 2014-2019. Seiring dengan jabatannya sebagai legislator 2014-2019.

“Seorang politisi itu biasanya cepat menyesuaikan, adaptasinya lebih gampang, lebih cepat karena sering mengatasi banyak hal. Rata-rata politisi sudah punya basis pengalaman organisasi,” terang alumus S2  Universitas Satyagama dan program doktor di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta ini.

Selain itu, Zainut juga mengatakan, sebelum terjun sebagai legislatif ini aktif berorganisasi disejumlah organisasi dan pernah menjadi Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) 1988-1996. Pengalaman tersebut menjadi modelnya untuk dapat menunaikan tugas di eksekutif.

“Ada perbedaan ya tugas di DPR yaitu terdapat tiga fungsi yaitu pengawasan, anggaran dan legislasi. Sedangkan di eksekutif ini fungsinya hanya satu fungsi menjalankan suatu program. Dengan begitu, perlu penyesuaian-penyesuaian dengan tugas baru ini,” ujarnya. (*/hyt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *