Kota Batu Digoyang Angin Kencang, Satu Tewas, Satu Desa Lumpuh

METRO JAKARTA – Angin kencang menerjang Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada Sabtu (19/10) sekitar pukul 23.30 WIB, hingga Minggu (20/10).

Peristiwa tersebut menyebabkan satu warga atas nama Sodiq meninggal dunia, sejumlah orang mengalami luka-luka dan mengalami gangguan saluran pernafasan.

“Selain melumpuhkan hampir seluruh wilayah Desa Sumberbrantas, angin kencang tersebut juga merusak sedikitnya 20 rumah, fasilitas umum, jaringan komunikasi dan jaringan listrik di Desa Sumbergondo,” ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo, Senin (21/9).

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, sambung dia, banyak pohon yang tumbang sehingga mengganggu akses jalan raya dan mengancam beberapa bangunan rumah maupun dan fasilitas umum lainnya.

Menurut Agus, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Batu telah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Jawa Timur, unsur TNI/Polri dan para relawan.

“Tim juga telah melakukan evakuasi masyarakat terdampak ke pos pengungsian yang telah didirikan beserta dapur umum,” tuturnya.

Adapun data warga yang dievakuasi ke sejumlah posko pengungsian di antaranya; Posko PB BPBD Kota Batu 379 jiwa, Rumas Dinas Walikota 122 jiwa, Balai Desa Punten 530 jiwa, Balai Desa Tulungrejo 40 jiwa, SDN 1 Punten 173 jiwa, Balai Desa Sidomulyo 7 jiwa, Kantor Kelurahan Songgokerto 19 jiwa.

Sedangkan posko lain yang sedang dipersiapkan adalah Posko Kelurahan Sisir, Posko GOR Ganesa, Posko Balai Desa Sumbergondo dan Sekretariat PGRI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *