Kuncinya Kolaborasi Perindustrian-Pendidikan

METRO CIKARANG – Kabupaten Bekasi menjadi salah satu wilayah industri terbesar di Asia Tenggara, termasuk Provinsi Jawa Barat. Namun sayangnya masih banyak warga setempat yang kesulitan mencari kerja atau menganggur.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Jabar Majid menilai pemerintah daerah harus menyiapkan warganya untuk dapat bersaing di dunia industri. Satu diantaranya kesiapan sumber daya manusia (SDM) lewat lulusan sekolah yang mampu memenuhi kebutuhan industri.

Karena menurut dia, ketidaksesuain dengan kebutuhan industri, menyebabkan lulusan SMK di Kabupaten Bekasi kesulitan mendapatkan pekerjaan sehingga jumlah pengangguran pun kian bertambah.

“Perusahaan mau masuk disini (Kabupaten Bekasi,red) dengan kualifikasi tertentu memerlukan keahlian tertentu. Nah pemerintah menyiapkan tidak?, sekolah kita tanggap ga? Yang dibutuhkan A yang ada B, ini kan ga match,” kata Abdul saat¬† berbincang dengan Onlinemetro.id (KBE Group), Minggu (6/10).

Artinya, sambung alumnus Kairo, Mesir ini, pengembangan SDM unggul merupakan tanggung jawab pemerintah daerah untuk menyiapkan warganya untuk memenuhi kebutuhan industri.

“Jadi Dinas Perindustrian dan Dinas Pendidikan harus berkalobarasi. Dinas Perindustrian memberikan masukan kepada Dinas Pendidikan mengenai apa yang diperlukan industri,” tegas Abdul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *