Dorong Jabar Realisasikan Pemekaran Desa

METRO BANDUNG – Merujuk data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), saat ini Provinsi Jawa Barat memiliki 5.312 desa dengan luas wilayah mencapai 35.000 kilometer persegi.

Karakteristik desa di Jawa Barat adalah memiliki mobilitas ekonomi yang tinggi dan laju pertumbuhan penduduk yang cukup cepat. 
“Namun hal itu kurang diimbangi dengan penambahan infrastruktur penunjang yang memadai,” jelas anggota DPRD Provinsi Jabar, Syahrir.

Politikus Gerindra itu menjelaskan, Provinsi Jawa Barat yang memiliki populasi seperlima penduduk nasional (sekitar 48 juta jiwa) hanya memiliki 5.312 desa. Sementara Jawa Tengah yang memiliki 34,5 juta penduduk terdapat 7.809 desa dengan luas wilayah sekitar 32.800 kilometer persegi. 

“Artinya kalau dilihat dari aspek penduduk dibandingkan dengan provinsi tetangga Jawa Tengah, maka apabila kita bagi perbandingannya berarti jumlah desa di Jawa Barat itu idealnya terdapat sekitar 11.000 desa,” kata wakil rakyat dapil 9 Kabupaten Bekasi ini.

Menurut Syahrir, konsekuensi dari minimnya jumlah desa di Jawa Barat adalah jumlah dana desa yang terserap dapat dikatakan kurang. 
Saat Jawa Timur dan Jawa Tengah memperoleh lebih dari Rp 2 triliun dana desa, Jawa Barat yang memiliki jumlah penduduk lebih banyak malah mendapat kurang dari Rp 1,5 triliun. 

“Oleh sebab itu sangat ideal apabila Pemprov Jabar melakukan pemekaran desa daripada melakukan pemekaran wilayah atau DOB sehingga bisa menyerap dana desa yang lebih baik,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *