Langganan Tumpahan Minyak, Kormas Karawang Desak Cellica-Jimmy Somasi Pertamina

METRO KARAWANG – Tumpahan minyam mentah terus menui sorotan sejumlah pihak. Tak terkecuali, warga dari Koalisi Masyarakat Sipil (Kormas) Karawang menggelar aksi protes lewat slanduk bertuliskan HUT Karawang diracuni minyak di Muara Cipucuk, Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar, Minggu (22/9).

Selain itu, ada beberapa poster yang di antaranya bertuliskan save our ocean dan Pemkab Karawang jangan diam. 

“Aksi ini sebagai sindiran kepada Penkab Karawang agar lebih aktif terhadap apa yang terjadi di pesisir Karawang, khususnya daerah yang terdampak tumpahan minyak,” ujar Perwakilan Kormas Karawang Yuda Febrian Silithonga kepada wartawan.

Menurut Yuda, pihaknya juga mendorong pemerintah pusat untuk mengaudit Pertamina terkait kebocoran sumur YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ). Kebocoran tersebut merupakan kelalaian, bukan bencana alam seperti yang dinarasikan Pertamina.

Ia menyebutkan, kebocoran minyak mentah bukan pertama kali terjadi. “Sebab, pada 2015 juga terjadi kebocoran di offshore Pertamina di lepas Pantai Karawang. Kami tak ingin kembali terulang dan menimpa anak cucu, generasi penerus di pesisir utara Karawang. Karenanya, kami juga menyarankan agar eksplorasi minyak di lepas laut Karawang ditiadakan,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *