Tantang Bupati Copot Pejabat Malas

Kinerja Disdik Makin Amburadul Pasca Dipimpin Carwinda

METRO CIKARAG – Kinerja Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi, terus disorot.

Wajar saja, serapan anggaran dinas yang dipimpin Carwinda ini paling buncit. Ditambah Disdik juga lambat mengurus fasilitas sejumlah sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan secara lesehan atau melantai. Misalnya, SDN Jatimulya 09 di Jalan Swadaya Raya, Jatimulya, Tambun Selatan (Tamsel).

Menanggapi itu, Sekda Kabupaten Bekasi Uju mengatakan dirinya maupun Bupati Eka Supria Atmaja sudah menginstrusikan seluruh SKPD untuk memaksimalkan penyerapan anggaran.

“Jadi sesuai arahan pimpinan, realisasi pengerjaan harus segera dilakukan baik fisik maupun non fisik yang sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan,” kata dia, kemarin (17/9).

Meski begitu, sambung Uju, pihaknya mengakui penyebab rendahnya serapan anggaran lantaran banyak kekosongan jabatan strategis.

“Tentu kosongnya jabatan kepala dinas  juga berpengaruh pada penyerapan. Tapi kami tetap mendorong agar anggaran bisa diserap,” tukas dia.

Sementara itu, Koordinator LAMI Suganda Nahampun mengaku prihatin serapan anggaran masih menjadi persoalam klasik yang belum ada solusi komprehensif.

Terutama, dinas yang mendapat porsi jumbo seperti Disdik, DPUPR dan DPRKPP.

“Ini kenapa minim, bisa jadi karena manjerialnya amburadul atau gak bisa kerja. Bagaimana masyarakat akan semakin cepat bisa menikmati hasil-hasil pembangunannya, jika program kerja lambat,” tegaa dia.

Untuk itu, sambung Suganda, kepala daerah harus segera  menggerakkan para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang manajerialnya lemah serta tidak memiliki komitmen menbangun Bekasi.

“Evaluasi kerja tiap OPD harus jalan. Kalau memang ada yang buruk seperti Disdik atau PUPR langsung ganti saja kadisnya,” bilang dia.

Selain manajerial lemah, Suganda juga menuding adanya kepentingan dari partai politik (politik) hingga jual beli jabatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *