Kampus Ikut Lahirkan Reformasi Birokrasi

Editor:

Syafruddin mendorong universitas dapat mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi. Ia juga mengajak universitas untuk secara bersama-sama membangun birokrasi pemerintahan modern yang siap bersaing dan memenangkan level global.

Selain itu, mahasiswa juga harus menggali dan mengasah kreatifitas, inovasi, kecerdasan emosional, integritas, jiwa melayani, serta fleksibilitas kognitif untuk menjawab tantangan dan tuntutan di masa depan. Sehingga mahasiswa siap untuk bekerja di sektor pemerintahan dan membanjiri berbagai lapangan kerja baru di masa yang akan datang.

“Tunjukan pada dunia bahwa Anda adalah embrio generasi unggul Indonesia yang akan memikul perjuangan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa,” pesan Syafruddin.

Pembangunan generasi unggul oleh universitas dapat dipacu dengan menjadikan universitas sebagai sumber inovasi teknologi atau center of excellent. Pada tahun 2018, Indonesia menempati peringkat 85 dari 126 negara dengan skor Global Innovation Index (GII) sebesar 29,8. Ini menunjukkan bahwa indeks kapasitas adopsi iptek dan penciptaan inovasi di Indonesia masih rendah yang dikarenakan infrastruktur penelitian dan pengembangan serta jumlah SDM terbatas sehingga ekosistem inovasi belum sempurna.

Sejalan dengan yang diarahkan oleh Menteri Syafruddin, Rektor UMI Prof. Basri Modding juga menjelaskan bahwa UMI sebagai lembaga pendidikan dakwah memiliki peran dalam menghasilkan SDM berakhlak qarimah, berdaya saing tinggi, dan memiliki karakter moral dan kinerja. Karakter moral adalah bagaimana ketaqwaan dan kejujuran dari mahasiswa UMI tersebut. Sedangkan karakter kinerja yakni mahasiswa yang bekerja keras, tangguh, pantang menyerah, serta tuntas dalam tanggung jawab yang diembannya.

“Kami ingin mahasiswa lulusan UMI betul-betul menjadi generasi unggul dengan perpaduan karakter moral dan kinerja,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri PANRB juga memberikan apresiasi kepada UMI atas prestasinya masuk ke dalam 100 Perguruan Tinggi Terbaik Nasional. “UMI menunjukkan sebagai universitas Islam modern yang berhasil mencetak generasi unggul. Bukan hanya dari segi kapasitas akademis, tetapi juga akhlak dan ilmu agama sebagai pilar integritas,” tuka dia. (hyt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *