Eksodus Mahasiswa Papua itu Hoaks, Ini Penjelasan Pemerintah

METRO JAKARTA – Sebanyak 835 pelajar dan mahasiswa asal Papua yang belajar di daerah lain di Indonesia) eksodus ‘pulang kampung’ karena termakan hasutan dan provokasi. Hal ini akibat adanya provokasi dan informasi yang tidak benar.

Di mana sebelumnya Senin, 21 Agustus 2019 lalu, Majelis Rakyat Papua (MRP) mengeluarkan maklumat yang meminta mahasiswa tidak merasa nyaman untuk pulang agar melanjutkan pendidikan di Tanah Papua.

Keluarnya maklumat itu dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab dengan menyebar informasi hoaks bahwa mahasiswa Papua dan Papua Barat yang tetap belajar Pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi ada menerima tekanan dan ancaman serta keselamatan tidak terjamin karena ada kemungkinan adanya balas dendam.

Untuk meluruskan kabar tersebut, MRP pada 9 September ini kembali mengeluarkan imbauan agar mahasiswa yang telah pulang ke Papua untuk melanjutkan studinya di daerah tempat belajarnya.

MRP bernomor: 06/MRP/2019 yang berisi bagi seluruh mahasiswa Papua disemua kota studi pada wilayah NKRI untuk tetap melanjutkan studi.

Ketua MRP Timotius Murib mengatakan keputusan baru ini mencaput maklumat sebelumnya, sekaligus menyerukan agar mahasiswa Papua yang belum ke provinsi Papua untuk tetap melanjut studi di masing-masing kota studi.

”Nah untuk mahasiswa Papua yang sudah terlanjur kembali ke Papua agar segera kembali ke kota studi sebagai duta kultural orang asli Papua yang dapat hidup harmonis dengan seluruh elemen bangsa ini,” ujar Timotius dalam keterangan persnya di Jayapura, Senin (9/9).

Imbauan yang sama juga dikeluarkan Bupati Puncak Willem Wandik menyusul telah kondusifnya situasi di Papua dan Papua Barat.

Pertama, Willem mengimbau kepada seluruh mahasiswa asal Kabupaten Puncak untuk tidak terprovokasi terhadap isu eksodus mahasiswa dari seluruh Jawa-bali, Makassar dan Manado dengan tetap melanjutkan perkuliahan di tempat semula sebagaimana biasanya sampai dengan selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *