Dokter Keluarga ‘Milik Pemda’ Ini Sukses Cegah Stunting

Editor:

Kondisi geografis dan fasilitas yang belum memadai di Kepulauan Riau menjadi kendala utama dalam penerapan inovasi dokter keluarga. Para dokter harus berpindah dari satu pulau ke pulau lain menaiki perahu di wilayah yang terdiri dari dua persen daratan dan 98 persen laut demi memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Upaya mereka terbayarkan karena mampu mengunjungi 52 persen dari 500.000 rumah serta megantarkan Provinsi Kepri menduduki peringkat kelima indeks keluarga sehat terbaik di Indonesia.

“Kita berada di bawah DKI, Bali, Jogja, dan Aceh. Ini suatu hal yang luar biasa ketika kita melihat geografis Kepri yang sulit namun kita mendapat indeks keluarga sehat sedemikian rupa,” ungkapnya.

Program ini selain menyehatkan turut serta menyejahterakan rakyat karena setiap masyarakat yang mengidap penyakit langsung terdeteksi dan diintervensi sehingga menekan biaya pengobatan sekaligus menciptakan pelayanan yang efisien.

“Selama ini kami ingin mengabdi, menyentuh rakyat dengan adanya kesempatan ini. Tentu masih banyak inovasi bermanfaat dari kami yang positif untuk provinsi lain,” tegas Tjejep. (hyt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *