Tahun Depan, 27 Juta Pelanggan Listrik Golongan 900 VA Dicabut

METRO JAKARTA – Pemerintah dan DPR resmi mencabut subsidi listrik untuk golongan 900 Volt Amper (VA) mulai Januari 2020. Keputusan ini kemungkinan besar akan memengaruhi harga tarif sehingga menjadi naik.

Direktur Pengadaan Strategis II PT PLN (Persero), Djoko Raharjo Abumanan mengatakan, saat ini ada 6,9 juta pelanggan 900 VA yang masih mendapatkan subsidi. Dia memperkirakan total jika digabungkan dengan tahun depan, maka jumlah pelanggan 900 VA non subsidi mencapai 27 juta pelanggan.

“Kira-kira itu nanti Januari jumlahnya 27 juta pelanggan 900 VA. Nyambungnya kan 3 jutaan tiap tahun, nah kita prediksi Januari besok jumlahnya jadi 27 juta pelanggan,” ujar Djoko di Jakarta, Rabu (4/9).

Dengan dicabutnya tarif listrik 900 VA, maka otomatis golongan tersebut akan dikenakan skema tarif penyesuaian atau tarif adjusment. “Akan masuk ke tarif adjustment,” kata dia.
Djoko menjelaskan, dasar penyesuaian tarif berdasarkan tiga parameter yaitu minyak Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP), inflasi, dan kurs Dolar Amerika Serikat (AS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *