Kuasa Hukum Misda Nilai Kasus Kliennya Ada Dugaan Rekayasa

CIKARANG PUSAT – Advocat Law Firm Moluccas Justice mengajukan praperadilan kliennya atas status tersangka misda dalam perkara penggelapan limbah.

”Jadi ada rekayasa di sini. Apa yang disampaikan itu tidak sama sekali dilakukan oleh klien kami. Maka kami ajukan praperadilan ini,” kata Kuasa Hukum Misda, Simjon HJ Von Bullow dalam keterangan rilis yang diterima Cikarang Ekspres, Kemarin (5/9).

Terang dia, kliennya yaitu Misda menjadi orang yang turut membantu membersihkan area industri sejak 1996 ketika perusahaan yang menjalin kerja sama pengelolaan limbah dengannya, PT SGI, pertama kali berdiri. Selanjutnya, terjalin kerja sama dimana Misda diberi hak pengelolaan, pengangkutan dan penjualan limbah indutsri milik PT SGI.

Mulanya kerja sama itu terjalin secara lisan namun kemudian dikuatkan dalam perjanjian tertulis melalui perjanjian jual beli pertama yang dilakukan pada 10 Januari 2003. Kemudian, pada 27 Mei 2004, Misda mendirikan CV Karya Mandiri.

Selanjutnya, pada 1 Juni 2009 dilakukan perjanjian jual beli yang kedua, kali ini PT SGI dengan CV Karya Mandiri (badan usaha yang dipimpin Misda).

Namun, beberapa waktu setelah perjanjian kedua itu, masalah muncul manakala salah seorang staf PT SGI yakni Yeni memberitahukan adanya tunggakan pembayaran limbah selama enam bulan dengan nilai mencapai Rp7,2 miliar.

Misda awalnya tidak menerima tagihan tersebut karena Yeni tidak bisa menjelaskan pada tahun dan bulan berapa tunggakan terjadi. Kemudian Yeni pun dinilai memanfaatkan kondisi Misda yang tidak bisa membaca dan menulis.

Namun, belakangan Yeni keluar dari perusahaan, hanya saja dia tidak menyelesaikan masalah dengan Misda. Alhasil, persoalan tagihan itu pun menjadi berlanjut.

Kemudian karena ketidakberdayaan Misda karena hutang dan ketidaktahuannya dalam baca tulis, Misda menyerahkan pengelolaan limbah pada Andrian Hartato dari CV ADR. Penyerahan pengelolaan itu dibarengi dengan perjanjian bahwa Andrian yang akan menyelesaikan hutang Misda kepada PT SGI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *