Keyeeen Pisan! Perusahaan Prancis Ini ‘Sulap’ Limbah Jerami di Karawang Jadi Briket

METRO KARAWANG – Perusahaan asal Perancis, Green Building bakal membuat percontohan memanfaatkan limbah jerami di Karawang sebagai bahan bakar berbentuk briket. Rencananya 1.000 hektar lahan sawah di Karawang akam dijadikan lokasi awal sebagai tempat bahan baku dan produksi briket jerami.

Green Building akan mencoba jerami dari atas lahan 1.000 hektar sawah di Kecamatan Kutawaluya. Jika persyaratan administrasi telah lengkap, bahan bakar tersebut bakal diproduksi massal 2020 mendatang.

Limbah sisa panen tanaman padi itu, kemudian akan dibentuk seperti pelet. Namun keunggulannya justru bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk industri. Sisa pembakarannya pun lebih ramah lingkungan, bisa digunakan kembali ke petakan sawah.

“Potensi jerami di Karawang ini sangat banyak. Teknologi untuk membuat briket ini sangat mudah. Nanti tinggal bagaimana pemerintah daerah unttuk membantu memfasilitasi, produksi juga bisa dilakukan secara lokal,” kata juru bicara Green Building, Matthieu Caille, Rabu (4/9).

Namun begitu, lanjut dia, harus dikeringkan terlebih dahulu. Setelah kering jerimi akan dicacag menjadi potongan kecil, lalu ada proses kimia. Setelah menjadi bubur, jerami baru dicetak menjadi briket dan siap digunakan sebagai bahan bakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *