Dua Caleg Terpilih Gerindra Kena Pecat, Bawaslu; Suara Terbanyak Berikutnya Jadi Anggota Dewan

CIKARANG PUSAT – Nasib dua calon legislatif (caleg) terpilih dari Partai Gerindra terancam tak dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Bekasi. Soalnya, Repsih Muggawati dan Bhakti Sakti dipecat DPP Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto.

Menanggapi itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Syaiful Bahri kembali mengingatkan KPU setempat bisa menjalankan aturan PKPU Nomor 5 Tahun 2019 atas pemberhentian keanggotaan. Di mana, aturan PKPU yang mengatur tentang penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih dalam pemilihan umum (pemilu).

“Sebenarnya ada beberapa kriteria memungkinkan calon terpilih diganti dalam kategori tidak memenuhi syarat seperti meninggal dunia, terkena pidana Pemilu hingga ikrah dan tidak berpartai,” ucap dia, Kamis (29/8).

“Pada prinsipnya, keluarnya surat pemecatan dari keanggotaan partai Gerindra mempengarui caleg terpilih itu bisa gugur. Karena tidak memenuhi syarat (TSM), pasalnya untuk menjadi anggota dewan harus berpatai politik sesuai dengan aturan PKPU Nomor 5,” tambahnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *