Jalan Rusak di Mana-mana, PUPR Kemana?

Target Bupati Bekasi Eka Supria Bisa Melenceng

CIKARANG PUSAT – Infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten Bekasi banyak rusak. Tak hanya ke Kabupaten Bekasi, tapi juga akses ke Kabupaten Karawang dan Bogor. 

Target Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja bahwa akan mulus hampir dipastikan bakal melenceng. Sebab, sejauh ini belum terlihat tanda-tanda realisasi di lapangan.

Semisal, kerusakan jalan jembatan Cipamingkis di Jalan Raya Cibarusah. Bahkan, jalan jembatan yang menghubungkan tiga kabupaten Jabar itu sudah rusak enam bulan lebih. Jalan jembatan dibiarkan begitu saja tanpa ada perbaikan.

Padahal, orang nomor satu di Kabupaten Bekasi itu telah memerintahkan untuk melakukan percepatan Jembatan Cipamingkis yang ambruk. Namun hingga saat ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat belum juga menggarapnya secara maksimal.

Selain itu, Jalan Raya Kali Cibitung Bekasi Laut (CBL) yang menghubungkan Babelan dan Cikarang dipinggir sungai CBL juga rusak selama 3 bulan lebih. Jalan itu menjadi salah satu jalan alternatif warga yang ingin menuju ke Cikarang ataupun Babelan.

Setidaknya ada dua titik di jalan itu yang mengalami longsor, selain itu kondisi jalan juga bergelombang dan mengalami rusak parah, dikhawatirkan rusaknya jalan dapat berimbas pada kecelakaan. Kerusakan juga terjadi di jalan Gemalapik di Pasir Sari, Kecamatan Cikarang Selatan (Ciksel).

Koordinator LAMI, Suganda menegaskan banyak jalan rusak belum tersentuh itu menunjukan Dinas PUPR tak becus bekerja.

Terlebih, sudah banyak ditemukan oleh beberapa stakeholder, diduga banyak pekerjaan yang amburadul oleh Dinas PUPR. 

“Jembatan Cipamingkis sampai sekarang belum ada perbaikan. Itu kan sudah dikerjakan lalu ambrul karena diduga pekerjaannya kurang optimal. Padahal, anggaran yang dikucurkan sudah besar,” kata dia kepada wartawan, kemarin (28/8).

Apalagi, sambung Suganda,  Bupati Bekasi Eka sudah mengintruksikan agar melakukan percepatan dengan mengalokasikan anggaran kurang lebih Rp1,4 miliar untuk perbaikan jembatan Cipamingkis di Jalan Cibarusah-Loji, Kecamatan Cibarusah, yang ambrol tersebut.

“Jelas target Pak Bupati bisa melenceng karena pejabat Dinas PUPR tak becus kerja. Kalau benar mah perbaikan jembatan penghubung Bekasi dan Bogor itu bisa langsung dikerjakan sebelum ada jeritan warga. Kami menduga, PUPR selalu menghamburkan uang saja,” jelas Suganda.

Dinas PUPR, tambah Suganda, sebelum pekerjaan dimulai untuk perbaikan Jembatan Cipamingkis tersebut, Dinas PUPR berjanji akan memperkejakan teknis pengerjaan dilakukan melalui perbaikan pendukung jembatan agar kuat serta kokoh berdiri setelah diperbaiki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *