UBSSM Tolak Dekopin Wadah Tunggal

CIKARANG PUSAT – Rancangan Undang Undang (RUU)  Perkoperasian yang tengah dimatangkan Pemerintah Pusat dan DPR-RI menuai pro kontra. Pun begitu di Kabupaten Bekasi. 

Koperasi Usaha Bersama Sejahtera Sosial Masyarakat (UBSSM)  menolak RUU Koperasi tersebut karena terkesan memaksakan Dekopin sebagai wadah tunggal.  Mereka menilai peran Dekopin ditingkat nasional ataupun daerah selama ini belum terlihat.

“Peranannya juga belum terlihat dalam membangun koperasi, hal ini bisa terlihat bahwa koperasi bukan sesuatu yang menarik dan tidak maju,”kata Ketua UBSSM,  Henut Hendro, kemarin (27/8). 

Ia mencontohkan selama ini koperasi selalu menjadi pelarian masyarakat untuk berhutang.  Hal ini menunjukan Dekopin belum mampu sebagai wadah tunggal organisasi.

“Artinya semua koperasi harus menjadi anggota Dekopinda,dan di sisi lain koperasi harus membayar iuran terhadap Dekopinda,adanya intervensi dari induk koperasi terhadap kemandirian koperasi,dan koperasi dibawah kendali pengaruh kapitalis,”tegasnya. 

Ia berharap draft RUU tersebut agar tidak disahkan, “Jika revisi ini tetap dilakukan,berarti memang koperasi koperasi yg ada hanyalah  menjadi koperasi yang kehilangan roh koperasinya,yaitu menolong bersama,membantu bersama dan cerdas bersama,”tuturnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *