Dua Caleg Terpilih Gerindra Dapil 4 Diberhentikan

Sesuai PKPU 5 Tahun 2019 Suara Terbanyak 3 dan 4 Terpilih 

CIKARANG PUSAT – KPU Kabupaten Bekasi mulai memproses klarifikasi pemberhentian anggota dua Caleg DPRD Kabupaten Bekasi terpilih dari partai Gerindra, di KPU Kabupaten Bekasi, Selasa (27/8). Diketahui, DPP Partai Gerindra mengeluarkan surat pemberhentian keanggotaan atas nama Repsih Muggawati dan Bhakti Sakti, yang diterima KPU Kabupaten Bekasi tertanggal 5 Agustus 2019 lalu. 

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin mengatakan pihak KPU Kabupaten bekasi mulai saat ini menindaklanjuti atas diterimanya surat  dari DPP Gerindra, yang dalam isinya yaitu dua caleg DPRD Kabupaten Bekasi atas nama Repsih Muggawati dan Bhakti Sakti diberhentikan keanggotaannya dari partai Gerindra.

“Jadi kami hari ini lakukan klarifikasi dulu dari berbagai pihak, yaitu dari pihak caleg, DPC Gerindra dan DPP Gerindra,” ucap Ketua KPU kepada Cikarang Ekspres, Kemarin (27/8).

Menurut dia, proses klrafikasi tersebut telah diatur didalam PKPU Nomor 5 Tahun 2019 dipasal 32 disitu dijelaskan terkait dengan penjelasan tentang calon yang akan ditetapkan dan pergantian calon. 

“Otomatis suara terbanyak ke 3 dan ke 4 yang akan menjadi DPRD terpilih sesuai regulasi di PKPU Nomor 5 Tahun 2019, namun tunggu klasifikasi ini selesai dan dipastikan dalam waktu secepatnya klarifikasi ini selesai,” paparnya. 

Saat ditanya berapa lama proses klarifikasi dikabulkan di KPU, dikatakan Jajang bahwa pihak KPU bukan yang memutuskan.

“Kita itu tugasnya klarifikasi dulu dari berbagai pihak, baru hasil klrafikasi apa yang kami dapat itu yang akan menjadi dasar kami (Menetapkan Calon,red). Kita pasti mengacu pada PKPU Nomor 5 Tahun 2019,” tandasnya. 

Sementara itu,  Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bekasi, Nugraha Hamdan menjelaskan, keluarnya keputusan pemberhentian keanggotaan partai  didasari dari adanya aduan para caleg Gerindra se-dapil IV ke Mahkamah Partai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *