Seleksi Profil Asesmen, Pansel Gugurkan Setengah Kandidat Capim KPK

JAKARTA – Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) KPK akan mengumumkan kandidat yang lulus seleksi profil asesmen pada Jumat (23/8) hari ini. Dari 40 capim yang mengikuti tes seleksi tahap empat, Pansel menargetkan 20 di antaranya bisa lulus ke tahap seleksi selanjutnya.

“Iya sore ini insyaallah di gedung Sekretariat Negara,” kata Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih saat dikonfirmasi, Jumat (23/8).

Dalam melakukan proses seleksi tahap empat, pihaknya pun turut mencermati hasil penelusuran dari delapan lembaga diantaranya Kejaksaan, KPK, Kepolisian, BIN, BNN, BNPT, PPATK dan Dirjen Pajak. Mereka akan memilih 20 kandidat dari 40 peserta yang mengikuti profile asesmen. “Kami mencermati hasil delapan tracker, masukan masyarakat, dan profil asesmen,” ucap Yenti.

Sementara itu, juru bicara KPK Febri Diansyah meminta Pansel Capim KPK memperhatikan aspek kepatuhan membayar pajak dari setiap calon pimpinan KPK periode 2019-2023. Menurutnya, kepatuhan pajak tersebut juga menjadi perhatian bagi calon pimpinan KPK.

“Karena KPK kan dalam beberapa perkara juga menangani kasus-kasus terkait dengan korupsi di sektor pajak. Jangan sampai ada calon pimpinan KPK yang kemudian ternyata memiliki masalah terkait dengan kewajiban membayar pajak itu,” ujar Febri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *