Pemkab Dapat Bantuan Alat Urus Sampah Citarum

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bakal menerima bantuan alat untuk pengelolaan sampah di DAS Citarum oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

Mulai dari pendirian fasilitas pusat daur ulang sampah dengan kapasitas 10 ton/hari serta fasilitas pengomposan dengan kapasitas 10-30 ton/hari yang rencananya akan dibangun di wilayah Desa Mekarmukti, Kecamatan Cikarang Utara hingga alat biodogester berkapasitas 1 ton/hari dan 5 unit motor sampah roda tiga.

Dirjen Pengelolaan Sampah KLHK Rosa Vivien Ratnawati menuturkan bahwa program kerjasama ini merupakan Implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum.

“Ini adalah tugas Kementrian LHK dalam mempercepat pelaksanaan dan keberlanjutan kebijakan pengendalian DAS Citarum melalui operasi pencegahan, penanggulangan pencemaran dan kerusakan serta pemulihan DAS Citarum,” ungkapnya, kemarin (21/8).

Dirinya berharap agar pemda yang telah mendapatkan bantuan dapat memanfaatkan apa yang telah diberikan oleh Pemerintah Pusat dengan sebaik-baiknya. “Semoga dengan adanya fasilitas tersebut seluruh masyarakat turut berpartisipasi dengan cara yang paling mudah dan sederhana, mulai dari diri sendiri untuk mengurangi timbunan sampah,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *