Ngaret, Jabatan Dewan Bekasi Lama Bisa Diperpanjang

Editor:

“Kami sudah mengusulkan ke KPU RI dan akan menetapkan melalui keputusan. Kami usulkan hari Kamis (15/8), tapi ada pertimbangan-pertimbangan dengan rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Bekasi. Apakah nanti parpol bisa terbagi kegiatan atau seperti apa. Bagi kami tidak ada persoalan. Kami akan menunggu keputusan KPU RI,” ucap Ketua KPU Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin.

Artinya, penetapan anggota DPRD terpilih dapat mundur otomatis pelantikan pun mundur. Padahal, pada 2014, pelantikan berlangsung 5 Agustus 2014 atau sesuai dengan masa bakti anggota DPRD 2009-2014 habis.

Apabila dihitung secara kasar, jika penyandingan data diamini KPU RI tanggal 15 Agustus dan tidak ada skenario penghitungan suara ulang, maka paling cepat anggota DPRD Kabupaten Bekasi dapat dilantik pada akhir Agustus atau pekan awal September. Memang, sesuai tahapan KPU RI pelantikan dapat berlangsung hingga Oktober 2019.

“Penetapannya aja bisa mundur apalagi pelantikan,” demikian Jajang.

Hal ini berimbas pada ketidakjelasan status anggota dewan periode 2014-2019.  Salah satu anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Partai PDIP, Suriyat, mengaku belum ada kejelasan dari sekretariat dewan.

“Kemarin juga ada pemberitahuan hak keuangan dan semua sudah dicabut. Sampai saat ini belum ada kabar apapun. Kan ada grup WA, artinya kalau ada apa kabarin,” bilang dia. (dim/tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *