Kali Busa Sedot Setengah Miliar Anggaran PUPR

**Aparat Penegak Hukum hingga Masyarakat Diminta Awasi Pengerjaanya

BABELAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi kembali melakukan normalisasi Kali Busa di Kampung Pulai Timaha, Desa Babelan Kota, Kecamatan Babelan.

Namun, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pemerintahan Daerah (LP3D) Bekasi mendesak aparat penegak hukum baik kejaksaan untuk memantau pengerukan Kali Busa yang menyedot anggaran Rp 500 juta.

Menurut Koordinator Investigasi LP3D, Rahmat Effendi, normalisasi telah dilakukan tahun 2018 dengan anggaran yang sama tapi masih saja terjadi penumpukan sampah beberapa pekan terakhir.

“Pada prinsipnya normalisasi Kali Bahagia itu bagus ya. Tinggal output atau hasil harus sesuai dengan target yang direncanakan, kan sayang anggaran besar tapi realisasinya nol besar,” tegas dia, Minggu (11/8).

Apalagi, sambung dia, banyak kali kali lain juga mengalami hal serupa yang membutuhkan penanganan cepat Dinas PUPR. Sebut saja, Kali Alu di Cikarang Utara dan Kali Cepu di Kecamatan Sukatani.

“Jangan sampai anggaran yang digelontorkan kembali mubazir. Makanya semua harus mengawasi termasuk masyarakat,” bilang dia.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Bahagia, Mawardi mengatakan berdasarkan penelusuran di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), lpse.bekasikab.go.id, terdapat kegiatan pengerukan lumpur/tanah normalisasi Kali Busa Hilir dengan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) sebesar Rp500 juta.

“Insya Allah hari ini (kemarin,red) ada alat berat dari Dinas PUPR, di mana ada kegiatan Rp500 juta, DA 3. Tadi saya sudah ketemu PPTK, Pengawas dan Pelaksananya kita rapat di Kantor RW 23. Dan sudah langsung disurvei untuk menurunkan alat berat, alat berat yang kita pinjam dari PUPR saya setop karena akan dilanjutkan oleh pihak ketiga dari PUPR,” kata dia.

Mawardi mengatakan masih terdapat tumpukan sampah dan tanaman yang menyelimuti aliran Kali Busa sampai dengan 1,2 kilometer di Desa Babelan Kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *