Awas Klinik Ilegal Masih Marak di Bekasi

CIKARANG PUSAT – Hati-hati dalam mengakses tempat layanan pengobatan. Soalnya, Anda mungkin malah berobat ke klinik yang tidak memenuhi standar layanan kesehatan alias ilegal.

Keberadaan klinik ilegal nyatanya masih di temukan di Kabupaten Bekasi. Minggu (11/8) kemarin, Polsek Tambun Selatan (Tamsel) membongkar  tempat praktik aborsi di sebuah klinik di Kampung Siluman, Desa Mangunjaya, Kecamatan Tamsel. Klinik bernama Aditama Medika II itu digerebek polisi usai adanya laporan dari masyarakat.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Kesehatan  (Dinkes) Kabupaten Bekasi, dr. Sri Enny Mainarti menyebutkan klinik Aditama Medika II tidak mengantongi izin alias ilegal setelah ditemukan adanya malpraktik oleh pihak kepolisian.

“Kita sudah telusuri perizinannya dan memang klinik itu tidak ada izinnya di DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu,red).  Kita sifatnya hanya mengeluarkan rekomendasi setelah ada rekomendasi dari organisasi atau klinik yang menaunginya,” kata dia saat ditemui di lapangan Pemkab Berkasi.

Meski begitu, sambung Sri Enny, izin klinik Aditama Medika itu diketahui berada di ditempat lain, yakni di Perum Taman Raya Bekasi.

“Jadi bukan di tempat yang sekarang tetapi adanya di Perum Taman Raya itu dari 10 Juni 2014 dan sudah berakhir 10 Juni 2019 lalu,” beber dia.

Sri Enny mengklaim keberadaan klinik ilegal tersebut sudah tercium Puskesmas setempat pada April 2019 silam. Karena menurut dia, selama ini pembinaan, pengawasan maupun pendataan klinik sudah didelegasikan ke setiap Puskesmas dengan membentuk forum SKPDs.

“Dari bulan April sebetulnya sudah kita samperin (datangi,red) dan sudah kita peringatkan juga bahwa pemberian pelayanan bisa diberikan kalau sudah memiliki perizinan lengkap. Dan pelayanannya pun pelayanan kesehatan biasa, bukan aborsi,” urai dia.

Diberitakan sebelumnya, Kapolsek Tambun, Kompol Rahmad Sujatmiko menjelaskan hasil penggerebekan telah diamankan dan  ditetapkan empat orang sebagai tersangka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *