Kali ‘Jajahan’ Bupati Eka Ikut Tercemar Limbah

Editor:

Sementara itu, Aktivis lingkungan Kabupaten Bekasi, Ribah mengutuk keras hal tersebut. Ia pun bakal melayangkan somasi ke DLHm

“Ini langsung kami respon dengan melayangkan somasi. Kami mohon dukungan dari kawan – kawan media, kami akan sikapi ini secara tegas,” bilang dia.

Hasil reportase koran harian ini, Kali Bahagia di Kecamatan Babelan; Kali Capang di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukatani pun tercemar limbah. Bahkan kali tersebut menghitam dan bau busuk. 

Sebelumnya, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja memerintahkan camat dan kepala desa untuk bertindak tegas terhadap pembuang sampah sembarangan dengan cara melaporkan kepada pihak Kepolisian agar ditangkap dan dibina.

Tidak cukup hanya merangkul Kepolisian, Bupati Eka Supria juga akan melibatkan TNI untuk mengatasi maraknya aksi pembuangan sampah sembarangan di wilayah itu.

Langkah itu diambil menyusul maraknya aksi pembuangan sampah di tepi jalan ataupun sungai oleh pihak tak bertanggung jawab di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kondisi itu terlihat di sejumlah wilayah terutama di sekitar Kecamatan Cikarang Utara.

“Kalau kita lihat memang masih ada oknum warga yang membuang sampah sembarangan. Makanya saya instruksikan kepada Pak Camat, Kepala Desa dan perangkatnya mulai RT/RW sampai Linmas untuk bersama-sama, apabila ada oknum yang membuang sampah sembarangan, kalau bisa ditangkap dan dibina,” kata dia, Minggu (7/7).

Tindakan tegas perlu dilakukan untuk menimbulkan efek jera agar Kabupaten Bekasi ke depannya lebih bersih dan rapi. Eka bahkan meminta bantuan Kepolisian dan TNI untuk bersama melakukan tindakan tegas terhadap pembuang sampah. 

Hingga berita ini diturunakan, sejumlah pejabat teras DLH Kabupaten Bekasi belum menanggapi. Baik dihubungi lewat telpon maupun ke kantor tak ada. (ugi/hyt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *