Gempa 7,4 SR Banten Getarkan Jawa-Sumatera, Ini Tangapan BNPB

JAKARTA – Gempa bermagnitudo 7,4 terjadi pada Jumat (2/8) pukul 19.03 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa tersebut berkedalaman 10 km dan berlokasi 147 km barat daya Sumur, Banten.

“Gempa berpotensi tsunami di beberapa wilayah,” tegas Plh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keteranganya di Jakarta.

BMKG menginformasikan peringatan dini tsunami untuk wilayah Banten, Bengkulu, Jawa Barat dan Lampung. “Tentunya ini wilayah dengan kategori yang berbeda berdasarkan pemodelan,” ucap Agus.

Untuk daerah dengan status siaga di antaranya, Pandeglang bagian selatan (Banten), Pandeglang Pulau Panaitan (Banten) dan Lampung-Barat Pesisir-Selatan (Lampung).

Sementara status waspada tsunami yaitu Pandeglang bagian Utara (Banten), Lebak (Banten), Tanggamus Pulau Tabuan (Lampung), Sukabumi Ujung-Genteng (Jabar), Tanggamus Bagian Timur (Lampung), Lampung-Selatan Kep. Krakatau (Lampung), Lampung-Selatan Kep. Legundi (Lampung), Lampung-Barat Pesisir-Tengah (Lampung), Lampung-Barat Pesisir-Utara (Lampung).

Kemudian, Bengkulu-Utara Pulau Enggano (Bengkulu), Kaur (Bengkulu) Lampung-Selatan Kep. Sebuku (Lampung), Bengkulu-Selatan (Bengkulu) – Serang Bagian Barat (Banten), Seluma (Bengkulu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *