PTSL Target 40 Ribu Bidang Sertifikat

CIKARANG SELATAN – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi  menargetkan program Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2019 tembus sebanyak 40 ribu bidang sertifikat. Jumlah itu tersebar di 21 desa dan 3 kecamatan.

Ketua Humas BPN Kabupaten Bekasi Guntur Atur Parulian menjelaskan,  program ini sudah terjalin kerjasama baik antara pemilik tanah, kepala desa, serta camat se-Kabupaten Bekasi, agar  program PTSL dapat dilanjutkan kembali ditahun mendatang.

“Target pensertifikatan tanah sebanyak 40 ribu bidang tersebar tiga kecamatan yaitu, Tambelang, Kedungwaringin dan Pebayuran. Program PTSL yang dikerjakan BPN Kabupaten Bekasi direncanakan akan selesai Desember 2019,” kata Guntur kepada Onlinemetro.id, Kamis (30/7).

Namun begitu, Guntur melanjutkan dalam Peraturan Menteri Agraria nomor 35 tahun 2016 anggaran pembuatan sertifikat dibiayai dari APBN melalui daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA). Hal itu semua tidak gratis karena ada biaya yang dibebankan kepada pemohon berupa persiapan materai, patok pembatas tanah dan foto copy perlengkapan berkas.

“Kegiatan PTSL sudah dibiayai APBN melalui DIPA tetapi diluar BPHTB itu ditanggung oleh pemohon masyarakat,”jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *